Pelatihan Re-Branding Produk Biopest Pada Kelompok Tani Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar

  • Dwi Irnawati Universitas Bojonegoro
  • Reza Anggapratama Universitas Bojonegoro
  • Mula Agung Barata Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
Keywords: Rebranding, Produk Biopest, Batok Kelapa, Pembasmi Hama

Abstract

Kelompok tani kecamatan ponggok kabupaten blitar mempunyai usaha pembuatan Pestisida Alami yang terbuat dari Batok kelapa dan akan dipasarkan ke masyarakat luas, tetapi seluruh anggota kelompok tani tidak memiliki kemampuan untuk mem-branding dan mengemas produk pestisida alami tersebut agar menarik konsumen oleh karena itu kemasan yang diberikan saat ini hanya biasa saja tanpa merek. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk membantu kelompok tani kecamatan ponggok kabupaten blitar dalam pemberian brand dan mengemas produk  pestisida alami agar menarik konsumen yang mempunyai daya jual tinggi. Metode pelaksanaan kegiatan ini melakukan soslialisasi, pelatihan, dan pendampingan serta yang terakhir ada evaluasi . Hasil kegiatan ini kelompok tani dapat membuat merek dan mengemas produk pestisida alami yang saat ini disebut BIOPEST lebih menarik minat konsumen. Peningkatan kemampuan kelompok tani dalam pembuatan merek dan pengemasan produk biopest yaitu 55%, yang awalnya hanya 20% saja yang mengetahui supaya produk menjadi menarik dan setelah adanya pelatihan dan pendampingan sudah meningkat menjadi 75%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggapratama, Reza, and Dwi Irnawati. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Indomaret Cabang Raya Lettu Suyitno Bojonegoro.” Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora 9(2):341–50. doi: 10.37567/alwatzikhoebillah.v9i2.1811.
Anggapratama, Reza, Dwi Irnawati, and Danang Ananda Yudha. 2023. “Empowering Farmer Groups in Ponggok District , Blitar Regency in the Creative Economy Era with Digital Marketing.” Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6(2017):6–10.
Dea, Rehana Nirmala. 2022. Strategi Pemasaran Franchise Teh Poci Krisna Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Harto, Dedy., Sulistya Rini Pratiwi., Mohamad Nur Utomo., & Meylin Rahmawati. 2018. Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM LPIP UMP, 3(1), 39-45.
Marianju, Indah Nauli dan Susy Edwina. 2018. Analisis Kelayakan Finansial Usaha Franchise O’Chicken Di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Jurnal Agribisnis.
Marques, C. Silva, R, V. Davcik, N.S. Faria, R,T. The role of brand equity in a new rebranding strategy of a private label brand, Journal of Business Research, Volume 117, 2020, Pages 497-507, ISSN 0148-2963
Prihatiningtyas, Suci, Mar’atul Fahimah, Novia Ayu Sekar Pertiwi, Fitri Umardiyah, and Nisrina Nur Vieda Fitri. 2021. “Rebranding Produk Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Produksi Jamu Di Desa Mojokambang Jombang.” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(3):487. doi: 10.24198/kumawula.v4i3.33535.
Retiwiranti, Murni. 2018. Analisis Peran Ekonomi Kreatif Pada Masyarakat Dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Budidaya Tanaman Biofarmaka Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Williams, A, S. Son, S. Walsh, P. Park, J. The Influence of Logo Change on Brand Loyalty and the Role of Attitude Toward Rebranding and Logo Evaluation. Journal Sport Marketing Quarterly. Vol 30 (1). 69-81

Article Metrics

Abstract view : 7 times
Published
2024-04-01
How to Cite
Irnawati, D., Anggapratama, R., & Barata, M. (2024). Pelatihan Re-Branding Produk Biopest Pada Kelompok Tani Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(01), 22-26. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2024.5.01.22-26