Peningkatan Semangat Mahasiswa dalam Belajar dengan Implementasi Kegiatan ESQ BINTANG (Bincang Santai, Pikiran tenang)

  • Zainun Wahida Fithriani STIKES Sukma WIjaya Sampang
  • Imroatus Sholihah STIKES Sukma Wijaya Sampang
Keywords: ESQ Activity, Learning Spirit, Stress

Abstract

Masa remaja merupakan masa yang penuh dengan tantangan dan permasalahan yang harus dihadapi, terutama bagi mahasiswa. Stres sering terjadi kepada mahasiswa karena dalam menjalankan proses perkuliahan mahasiswa akan menemukan berbagai tuntutan. Terdapat beban akademik dan kegiatan kampus lainnya yang menjadi tanggungjawabnya. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengatasi stress dengan Implementasi ESQ (Emotional, Spiritual dan Quotient) dan untuk mengetahui kefektifan Implementasi kegiatan BINTANG. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan total sampel 81 orang. Analisis data menggunakan Uji T dua sampel berpasangan. Hasil menunjukkan nilai rata-rata post test lebih besar dari pre test, hal ini berarti ada peningkatan semangat belajar mahasiswa sesudah dilaksanakan kegiatan Implementasi ESQ. Hasil statistik juga menunjukkan bahwa p=0.025 < 0,05. Dengan demikian kegiatan ESQ dikatakan efektif dalam meningkatkan semangat belajar mahasiswa dan dapat mengurangi stres akademik yang dialami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Efendi, Revolusi Kecerdasan Abad 21, (Bandung: Alfabeta, 2005)
Ary Ginanjar Agustian, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ: Emotional Spiritual Quotient Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, (Jakarta: Arga Wijaya Persada, 2001)
Kartika,Duri Chalarasinta. (2015) Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Stres Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Monks, F. J., Knoers, A. M., & Haditono, S. R. (2006). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Monty P. Satiadarman dan Fidelis E. Waruwu, Mendidik Kecerdasan; Pedoman Bagi Orang Tua dan Guru dalam Mendidik Anak Cerdas, (Jakarta: Pustaka Populer Obor, 2003),
Muhaimin. (2018) Hubungan Stres Akademik dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa S1 dan D3 Keperawatan dalam Menghadapi Tugas Akhir 2017/2018 di Fakuktas Ilmu Kesehatan Universitas Muhamadiyah Ponorogo
Sanerya Hendrawan, Spiritual Management: From Personal Enlightenment Toward God Corporate Governance, (Bandung: PT Mizan Pustaka, 2009),
Sovia, dkk 2022 Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A Di TK Negeri Pembina KI Hadjar Dewantaro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, Vol .2, No. 5
Sukidi. Rahasia Sukses Hidup Bahagia Kecerdasan Spiritual; Mengapa SQ Lebih Penting daripada IQ dan EQ, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002)
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2005)
Zamroni dan Umiarso, ESQ Model dan Kepemimpinan Pendidikan: Kontruksi Sekolah Berbasis Spiritual, (Semarang: RaSAIL Media Group, 2011)

Article Metrics

Abstract view : 88 times
Published
2022-11-30
How to Cite
Fithriani, Z., & Sholihah, I. (2022). Peningkatan Semangat Mahasiswa dalam Belajar dengan Implementasi Kegiatan ESQ BINTANG (Bincang Santai, Pikiran tenang). Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 099-103. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2022.3.2.099-103