Pembuatan, Hibah, Dan Pelatihan Robot Edukasi Line-Follower Untuk Meningkatkan Minat Siswa SMP Pada Robotika

  • Muhammad Aldo Setiawan Universitas Airlangga
  • Yohana Rebecca P S Universitas Airlangga
  • Maulana Zacky Universitas Airlangga
  • Holina Natalia Universitas Airlangga
  • Andi Faiz Naufal Zain Universitas Airlangga
  • Lakki Taj Roid Universitas Airlangga
  • Saddam Al Fattah Universitas Airlangga
  • Syahnabil Hammam Universitas Airlangga
  • Niko Azhari Hidayat Universitas Airlangga
  • Jihaduddin Awwal SMP Institut Indonesia Surabaya
Keywords: Robot Edukasi, Line-Follower, STEM, Robotika, Desain Robot, Pelatihan Robot

Abstract

Kebutuhan edukasi siswa pada bidang STEM dengan robotika menjadi tren pada dekade terakhir. Untuk membantu sekolah yang tidak memiliki akses robotika edukasi, maka pelatihan dan hibah robot edukasi diselenggarakan SMP YII Mulyorejo untuk memperkenalkan dan meningkatkan minat robotika pada siswa. Bagian vital pada kegiatan berada pada tahap persiapan yang meliputi pembentukan tim, ide konsep acara, survey sekolah, pengajuan proposal, pembuatan robot dan modul pelatihan. Rangkaian pembuatan robot meliputi penyempurnaan desain, penyediaan komponen, fabrikasi, perakitan, rangkaian pengetesan, pemrograman, dan pengemasan untuk memastikan kualitas robot. Luaran dari kegiatan berupa hasil data pre-test & post-test dari para peserta, modul pelatihan, produk robot edukasi line-follower yang bernama Airoline, serta pencatatan HKI. Data yang didapat dari hasil tes menunjukkan peningkatan signifikan pada pengetahuan dasar dan minat siswa SMP YII setelah diberikan pelatihan dan  fasilitas robot edukasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aristawati, F. A., & Budiyanto, C. (2018). Penerapan Robotika Dalam Pembelajaran STEM:Kajian Pustaka. Prosiding Seminar Nasional UNS Vocational Day, 1(0). https://doi.org/10.20961/uvd.v1i0.15854
[Data sekolah kemdikbud]. (n.d.). Retrieved August 8, 2022, from Sekolah Kita website: http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/cberanda
Febtriko, A. (2017). PEMAKAIAN MOBILE ROBOT DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK. Rabit : Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 2(2), 234–243. https://doi.org/10.36341/rabit.v2i2.215
Goh, H., & Ali, M. B. B. (2014). ROBOTICS AS A TOOL TO STEM LEARNING. International Journal for Innovation Education and Research, 2(10), 66–78. https://doi.org/10.31686/ijier.vol2.iss10.248
Hanik, E. U., Ulfa, M., Harfiyani, Z., Fisca, F., Sabila, N., & Halimah, N. (2021). Pembelajaran Berbasis STEM Melalui Media Robotik Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Abad 21 Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). ICIE: International Conference on Islamic Education, 1(1), 83–96.
Herlina, A., Firdausi, A. D., Habibi, S. M. A., & Dirgantara, V. (2021). IMPROVEMENT OF SCIENCE AND TECHNOLOGY THROUGH INTERNET OF THINGS (IOT) FOR SMART HOME APPLICATION TRAINING FOR STUDENTS OF SMK NURUL JADID PROBOLINGGO. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 5(2), 274–286. https://doi.org/10.20473/jlm.v5i2.2021.274-286
Hidayat, A. (2017). KESENJANGAN SOSIAL TERHADAP PENDIDIKAN SEBAGAI PENGARUH ERA GLOBALISASI. Justisi: Jurnal Ilmu Hukum, 2(1). https://doi.org/10.36805/jjih.v2i1.400
Husni, N. L., Handayani, A., Prihatini, E., Evelina, E., & Anisa, M. (2019). Peningkatan Minat Anak di Bidang Robotika. SNAPTEKMAS, 1(1). Retrieved from https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/SNAPTS/article/view/2026
Marwanto, S., Suharjanto, S., W, P. S., & Raharjo, A. T. (2021). PELATIHAN ROBOT PENGIKUT GARIS (LINE FOLLOWER) UNTUK SISWA SMK BATIK 2 SURAKARTA DI PRODI TEKNIK ELEKTRONIKA STT “WARGA” SURAKARTA. Abdi Masya, 1(3), 132–136. https://doi.org/10.52561/abma.v1i3.148
Nata, I. P. R., Yasana, I. W., Setiawan, K. A., Sutamara, S. G. D. Y., Widiada, G. S., & Mardana, I. B. P. (2021). Smart Project Educational Robot (SpaceR) Sebagai Robot Edukasi. Jurnal Aplikasi dan Inovasi Iptek, 3(1), 58–64. https://doi.org/10.52232/jasintek.v3i1.63
Rinanto, N., Santoso, M. Y., Subiyanto, L., Endrasmono, J., Hardiyanti, F., Afiuddin, A. E., … Khumaidi, A. (2021). PENINGKATKAN PRESTASI SISWA TINGKAT SD DI KELURAHAN WONOREJO SURABAYA MELALUI PELATIHAN ROBOT PERUNUT GARIS ANALOG. Jurnal Cakrawala Maritim, 4(2). https://doi.org/10.33863/cakrawalamaritim.v4i2.1365
Tutuko, B., Firdaus, F., & Zarkasi, A. (2019). Pelatihan Pengenalan Aplikasi Robotika pada Siswa SMP Negeri 1 Palembang. Annual Research Seminar (ARS), 4(2), 26–30.
Widodo, K. A., Wibowo, S. A., & Pranoto, Y. A. (2021). Pelatihan Javascript untuk Game Canvas di Lingkungan SMK. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 102–108. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2021.2.2.102-108
Zamisyak, O., Prayogo, S. I. Z. N. N. I., & Ahmad, B. S. (2016). EDUCATIONAL MULTIFUNCTION ROBOT (INDOBOT)SEBAGAI ROBOT EDUKASI. Pelita - Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, 11(1). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/pelita/article/view/8873

Article Metrics

Abstract view : 88 times
Published
2024-04-01
How to Cite
Setiawan, M. A., P S, Y., Zacky, M., Natalia, H., Naufal Zain, A., Roid, L., Al Fattah, S., Hammam, S., Hidayat, N., & Awwal, J. (2024). Pembuatan, Hibah, Dan Pelatihan Robot Edukasi Line-Follower Untuk Meningkatkan Minat Siswa SMP Pada Robotika. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(01), 74-85. Retrieved from https://journal.uim.ac.id/index.php/darmabakti/article/view/1710