Penguatan Pemahaman Ilmu Tajwid: Upaya Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Santri Di Musholla Ustadz Samhadi Desa Larangan Dalam Pamekasan
Abstract
Penguatan pemahaman ilmu Tajwid sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an. Hal tersebut merupakan salah satu dasar seseorang yang ingin memperindah bacaannya, memperbaiki makhrajnya, dan melafadzkan al-quran sebagaimana hak-hak hurufnya. Dalam hal ini, proses belajar Al-Quran di Musholla Ustaz Samhadi di Desa Larangan Dalam dilakukan dengan sistem tradisional/ sorokan. Namun demikian, penguasaan ilmu tajwid masih belum maksimal. Hal inilah yang mendasari tim fasilitator Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Fakultas Tarbiyah IAIN Madura posko 31 untuk melakukan pendampingan. Pendampingan ini merupakan salah satu bentuk Community Service Program dimana fasilitator melakukan pelayanan dan pendampingan terhadap suatu komunitas, yaitu santri Ustaz Samhadi di Desa Larangan Dalam Kecamatan Larangan Pamekasan dalam rangka meningkatkan penguasaan ilmu tajwid santri agar kualitas bacaan Al-Qur’an semakin baik. Setelah dilaksanakan proses dampingan, terdapat peningkatan penguasaan ilmu tajwid objek dampingan. Hal ini tentunya akan berdampak pada kualitas mereka dalam membaca Al-Qur’an.
Downloads
References
Ali, Z. Z. (2020). Pengabdian Masyarakat dan Implementasinya. CV. Laduny Alifatama.
Asmawadi, A. (2021). PENERAPAN ILMU TAJWID DALAM MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ). VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.51878/vocational.v1i1.31
Baharuddin, B. (2012). Metode Pembelajaran Ilmu Tajwid dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Al-Imam ‘Ashim Makassar [Masters, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5672/
Hakim, L., Nizar, A., Zaini, A., & Prasetiya, B. (2022). MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE TAJWID DI TPQ DARUL ULUM HIDAYATULLAH KOTA PROBOLINGGO. DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 1(2), 112–120. https://doi.org/10.46773/djce.v1i2.318
Jamil, S. (2022). Community Service, Bentuk Pembelajaran Penting bagi Siswa. Serambi News. https://aceh.tribunnews.com/2020/02/03/community-service-bentuk-pembelajaran-penting-bagi-siswa?page=all
Muamanah, S. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN SANTRI MEMBACA AL- QUR’AN MELALUI PENDEKATAN ILMU TAJWID BUKU STANDAR TAJWID BACAAN AL-QUR’AN KARANGAN MAFTUH BASTHUL BIRRI (Studi Di Pondok Pesantren Ittihadut Tholibin Wonosobo). PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 1(1), 117–127. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.182
Muttaqin, K., Nasir, J. A., & Zamzami, M. S. (2019). Metode Cepat Membaca Al-Qur’an di Yayasan Miftahul Ulum Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.19105/pjce.v1i1.2234
Sa’dijah, C. (2021). Pembelajaran Ilmu Tajwid dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an. Qiro’ah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(2), 100–123. https://doi.org/10.33511/qiroah.v11n2.100-123
Samhadi. (2022). Interview [Personal communication].
Syaifullah, A., Rahmah, F. M., Salamah, F., & Srisantyorini, T. (2021). PENERAPAN ILMU TAJWID DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN UNTUK MENGEMBANGKAN BACAAN AL-QURAN. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 4.
Thubany, S. H. (2012). Peran Guru Ngaji dan Penanaman Nilai- nilai Fundamental Islam: Fenomena Habitus Dalam Mengembalikan Arah Pendidikan Islam Di Indonesia. Conference Proceedings. https://digilib.uinsby.ac.id/7520/1/Buku%206%20Fix_20.pdf
Uyun, F. (2020). PEMBINAAN MENTAL SPIRITUAL MASYARAKAT KELOMPOK TAHSIN KELURAHAN SUMBERSARI KECAMATAN LOWOKWARU MELALUI KAJIAN KRITIK ANALITIK TERHADAP KITAB AL-TARGHIB WA AL-TARHIB DENGAN PENDEKATAN KOMPARATIF KONTEKSTUAL. Journal of Research on Community Engagement, 2(1), 22–26. https://doi.org/10.18860/jrce.v2i1.7955
Zarkasyi, I. (1987). Pelajaran Tajwid. Trimurti Gontor.