Penggunaan Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Pengrajin Batik Desa Klampar Pamekasan

  • Evi Malia Universitas Islam Madura
  • Hoiriyah Hoiriyah Universitas Islam Madura
  • Ika Oktaviana Dewi Universitas Islam Madura
  • Aminullah Aminullah Universitas Islam Madura
Keywords: Marketplace, Ekspansi Pasar, Omset, Batik

Abstract

Desa Klampar merupakan salah satu Desa penghasil batik terbesar yang ada di Kabupaten Pamekasan. Hanya sebagian kecil masyarakat Klampar yang menjual batiknya secara online, yaitu pengrajin batik yang usianya dibawah 30 tahun dan menggunakan aplikasi Whatsapp, mereka menjualnya melalui story whatsapp kepada koleganya. Hasil penjualan batik setiap harinya berfluktuasi, bisa naik bisa turun bergantung musim. Atas dasar hal tersebut diperlukan adanya sosialisasi untuk memperkenalkan metode pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Maka Universitas Islam Madura berinisiatif untuk memberikan sosilaisasi penggunaan marketplace bagi pengrajin batik Desa Klampar melalui beberapa metode diantaranya, study pendahuluan, pemetaan masalah, pelaksanaan kegiatan, Monitoring dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini yaitu para pengrajin batik telah membuat akun di marketplace menggunakan platform shopee, meski penggunaannya belum optimal namun pengrajin batik telah mengenal manfaat dari penjualan batik menggunakan marketplace.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmiatun, S. (2022). Pemanfaatan Marketplace Shopee Untuk Keberlangsungan UMKM Batik Kampung Tematik Durenan Indah Semarang. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika,2(1). https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.146
Azis, M. N. L. (2018). Strategi Pemasaran Batik Melalui Marketplace Untuk Peningkatan Penjualan Menggunakan Swot Analysis. Senatik, 1(1).
Nurfaizal, Y., Anwar, T. (2019). Manajemen Usaha dan Pelatihan Digital Marketing UMKM pada KUB Batik Pringmas Desa Papringan Banyumas. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter,2(2).
Sary, Septiyana Luckyta. Dan Prima Utama Wardoyo Putro. (2021). Jajanan Tradisional Go Online: Sosialisasi Market Place Bagi Pelaku Umkm Jajanan Tradisional Di Desa Tempursari Kabupaten Madiun. Jurnal Berdaya Mandiri Vol. 3 No. 1 Tahun 2021 E-ISSN: 2685-8398.
Taryadi, T., Yunianto, E., & Royani, N. I. (2015). Analisis Tingkat Kesiapan Adopsi E-Marketplace Umkm Batik Di Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan,8. https://doi.org/10.54911/litbang.v8i0.32

Article Metrics

Abstract view : 148 times
Published
2022-05-31
How to Cite
Malia, E., Hoiriyah, H., Dewi, I., & Aminullah, A. (2022). Penggunaan Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Pengrajin Batik Desa Klampar Pamekasan. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 56-60. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2022.3.1.56-60