Peningkatan Life Skill Siswa SLTA Melalui Program SMA Double Track Sebagai Upaya Mengurangi Potensi Pengangguran di Jawa Timur

  • Mohamad Zainul Asrori Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Fajar Baskoro Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Arya Yudhi Wijaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Hozairi Hozairi Universitas Islam Madura
Keywords: SMA Double Track, Life Skill, SKKNI

Abstract

Tujuan program pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengurangi potensi pengangguran yang berasal dari lulusan SLTA di Provinsi Jawa Timur karena tidak memiliki life skill setelah lulus dari SLTA. Program pengabdian masyarakat ini dikemas dalam bentuk Program SMA Double Track atau disebut SMA DT. Metode pelaksanaan program SMA DT dilaksanakan beberapa tahapan, yaitu: (a) seleksi peserta dan trainer, (b) pelaksanaan Training of Trainer (TOT), (c) pelaksanaan pelatihan keterampilan di sekolah masing-masing, (d) promosi produk/jasa hasil pelatihan, dan (e) pelaksanaan ujian keterampilan. Kontribusi pelaksanaan program SMA DT untuk Provinsi jawa Timur adalah  (1) persentase kenaikan lapangan kerja di Jatim, (2) pertumbuhan wirausaha/UKM baru, (3)  peningkatan kegiatan ekonomi berbasis pasar komunitas, (4) penurunan jumlah siswa yang menganggur, (5) peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM) dan (6) kenaikan jumlah penghasilan. Kebaruan program SMA DT dibangun dengan beberapa platform aplikasi untuk mempertemukan kebutuhan keterampilan masa depan yang berbasis digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firdhania, R., & Muslihatinningsih, F. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengangguran di Kabupaten Jember Factors Affecting of Unemployment Rate in Jember Regency. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, IV(1), 117–121.
Haliawan, P., & Milenial, G. (2017). Peningkatan ketrampilan kewirausahaan pada generasi milenial smu mandiri kota bekasi.
Hozairi, A. A. K. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA SMA/MA BIDANG SAINS DAN TEKNOLOGI MELALUI PELATIHAN ROBOTIKA BERBASIS MIKROKONTROLLER. COMMUNITY DEVELOPMENT JOURNAL, 3(1).
Marwiyah, S. (2012). Konsep Pendidikan Berbasis Kecakapan Hidup. Jurnal Falasifa, 3(1), 75–98.
Mulyono, S. E. (2017). Model Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Jalur Pendidikan Non Formal Di Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. Edukasi, 2(1), 1–10.
Normawati, G. M. (2016). Pengembangan instrumen life skills siswa. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 7(2), 130–143.
Subijanto. (2007). Program Pendidikan Life Skills Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Di Wilayah Pesisir. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 13, p. 362. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i66.355
Sudarto, S. (2018). Peningkatan keterampilan sosial melalui permainan gobak sodor. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 85–95. https://doi.org/10.21831/jppm.v5i1.10374
Sukemi, Andriono, R. Z. (2019). SMA Double Track Inovasi Jatim Siapkan Lulusan Siap Kerja (1st ed.; A. Y. wijaya Hozairi, Fajar Baskoro, Ed.). Surabaya: PT Pendar Asa Komunika.
Timur, B. P. S. P. J. (2019). Provinsi Jawa Timur dalam Angka 2019.
Wardhana, D., & Nugroho, D. (2006). Pengangguran Struktural di Indonesia: Keterangan dari Analisis SVAR Dalam Kerangka Hysteresis. Journal of Indonesian Economy and Business, 21(4), 361–375.
Wicaksana, E. J., Fitrihidajati, H., Si, M., Kuntjoro, S., Si, S., & Si, M. (2015). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berorientasi Kecakapan Hidup ( Life Skill ) Melalui Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa ( Lks ) Untuk Pembelajaran Ipa Di Sekolah Menengah Atas. Seminari Nasional Pendidikan UNS & ISPI, (November), 29–34.
Wijayanto, A., & Prasetyo, I. (2018). Evaluasi program pendidikan kewirausahaan masyarakat. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(2), 96–107. https://doi.org/10.21831/jppm.v5i2.14999
Zuhdiyaty, N., & Kaluge, D. (2018). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Di Indonesia Selama Lima Tahun Terakhir. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 27–31. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.42
Zulhanafi, Hadi Aimon, E. S. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Dan Tingkat Pengangguran Di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi, 2(03), 7087.

Article Metrics

Abstract view : 326 times
Published
2022-05-31
How to Cite
Asrori, M., Baskoro, F., Wijaya, A., & Hozairi, H. (2022). Peningkatan Life Skill Siswa SLTA Melalui Program SMA Double Track Sebagai Upaya Mengurangi Potensi Pengangguran di Jawa Timur. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 1-11. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2022.3.1.1-11