Hubungan Tingkat Kepatuhan Ibu Hamil Terhadap Kepuasan Pelayanan Antenatal Care

  • Misriati Misriati Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Muhammadiyah Sidrap
  • Hamdiyah Hamdiyah Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Muhammadiyah Sidrap
  • Roni Roni Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Muhammadiyah Sidrap
  • Nur Laela Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Muhammadiyah Sidrap
Keywords: Kepatuhan, Ibu Hamil, Kepuasan, Antenatal Care

Abstract

Layanan berkualitas yang memuaskan meningkatkan loyalitas pasien, dan kepuasan terkait erat dengan promosi dari mulut ke mulut, maka layanan yang memuaskan ini juga menarik pasien baru. Efek selanjutnya akan membuat citra puskesmas semakin meningkat. Karena kondisi persaingan yang sangat ketat, setiap Puskesmas berusaha semaksimal mungkin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Tingkat kepatuhan ibu terhadap kepuasan. Jenis dan metode penelitian digunakan adalah metode Cross Sectional Study. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil trimester III yang berkunjung di UPT Puskesmas Baraka Kabupaten Enrekang pada bulan April 2023 sebanyak 56 orang diperoleh sampel sebanyak 36 orang menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 36 orang dijadikan sebagai sampel, responden yang patuh sebanyak 29 orang (80,6%) dan kurang patuh sebanyak 7 orang (19,4%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 36 orang dijadikan sebagai sampel, responden yang puas dalam pelayanan antenatal care sebanyak 28 orang (77,8%) dan kurang puas sebanyak 8 orang (22,2%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan tingkat kepatuhan ibu hamil terhadap kepuasan pelayanan antenatal care dengan nilai ρ=0,003<dari α=0,05, ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Diharapkan kepada bidan yang bertugas dibagian ANC agar lebih meningkatkan kinerja serta perhatiannya dalam memberikan kepuasan pelayanan pentingnya informasi tentang pelayanan antenatal care.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] U. Hani et al., AsuhanKebidanan pada Kehamilan Fisiologi. Salemba Medika, 2018.
[2] M. Shofwan, “Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rental Mobil S . A . D Se j ahtera Boulevard Kota Malang,” 2022: Universitas Islam Malang, 2022.
[3] D. Elliana and T. Kurniawati, “Dimensi Mutu Layanan Persalinan Normal dan Kepuasan Ibu Bersalin di Bidan Praktek Swasta ( BPS ),” pp. 156–163, 2009.
[4] L. Gultom, M. Kes, J. Hutabarat, S. Psi, and M. Keb, Asuhan kebidanan kehamilan. Zifatama Jawara, 2020. [Online]. Available: https://repo.poltekkes-medan.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/6349/E-Book Asuhan Kebidanan Kehamilan.pdf?sequence=1
[5] E. Ketiga, Pedoman pelayanan antenatal terpadu. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI, 2020.
[6] Yayah Khoeriah, Sri Dinengsih and Risza Choerunnisa, “Analisis kualitas pelayanan antenatal care (anc) terhadap tingkat kepuasan ibu hamil di poli kebidanan,” JKM( J. Kebidanan Malahayati), vol. 7, no. 4, pp. 620–625, 2021.
[7] Luciana, Chairil Zaman, and Arie Wahyudi, “Analisis Kepatuhan Kunjungan Antenatal Care ( ANC ) di UPTD Puskesmas,” vol. 5, no. 2, 2022, doi: 10.32524/jksp.v5i2.666.
[8] Listia Dwi Febriati1 and Almira Gitta Novika, “PELAKSANAAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ATAU KONSELING (KIP/K) OLEH BIDAN PADA ASUHAN ANTENATAL CARE,” J. Kebidanan Indones., vol. 12, no. 1, pp. 1–15, 2021.
[9] M. K. R. Indonesia, “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor Nomor 21 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Masa Sebelum Hamil, Masa Hamil, Persalinan, Dan Masa Sesudah Melahirkan, Pelayanan Kontrasepsi, Dan Pelayanan Kesehatan Seksual,” pp. 1–184, 2021.
[10] R. Palupi, Y. Siwi, and H. Saputro, “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Kunjungan Antenatal Care ( ANC ) Terpadu Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Sukodono Kabupaten Lumajang,” J. Qual. Women’s Heal., vol. 3, no. 1, pp. 22–30, 2020, doi: 10.30994/jqwh.v3i1.45.
[11] H. Khoeroh and Hafsah, “Health Science Journal,” vol. 14, no. 1, pp. 127–132, 2023, doi: 10.34305/jikbh.v14i01.683.
[12] T. Vivianri et al., “The Effect of Service and Satisfaction of Pregnant Women on Antenatal Visits to Midwives,” J. Info Kesehat., vol. 20, no. 2, pp. 206–213, 2022, doi: 10.31965/infokes.Vol20Iss2.895.
[13] Nang Mon Hsai et al., “Satisfaction of Pregnant Women with Antenatal Care Services at Women and Children Hospital in South Okkalapa , Myanmar : A Facility-Based Cross-Sectional Study Triangulated with Qualitative Study,” Patient Prefer. Adherence 202014, vol. 4, pp. 2489–2499, 2020.
[14] Y. D. Sagita and L. Septiyani, “Kualitas Pelayanan Antenatal Care (ANC) dan Tingkat Kepuasan Ibu (ANC) dan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil,” Wellness Heal. Mag., vol. 1, no. February, pp. 23–28, 2019.
[15] Engkus, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS CIBITUNG KABUPATEN SUKABUMI,” J. GOVERNANSI, vol. 5, no. 2, 2019.
[16] Z. Febriati et al., “Analisis Antenatal Care (ANC) pada Ibu Hamil,” J. ’Aisyiyah Med., vol. 7, no. 1, pp. 102–116, 2022, doi: https://doi.org/10.36729

Article Metrics

Abstract view : 179 times
Published
2024-03-25
How to Cite
Misriati, M., Hamdiyah, H., Roni, R., & Laela, N. (2024). Hubungan Tingkat Kepatuhan Ibu Hamil Terhadap Kepuasan Pelayanan Antenatal Care. SAKTI BIDADARI (Satuan Bakti Bidan Untuk Negeri), 7(1), 45-54. https://doi.org/10.31102/bidadari.2024.7.1.45-54
Section
Articles