Penerapan Media Pembelajaran Kalkulus Berbasis Website Moodle untuk Menilai Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa STKIP Qomaruddin Gresik

  • Mohammad Rifa'i STKIP Qomaruddin Gresik
Keywords: kalkulus, geogebra, moodle, aktivitas mahasiswa, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada nilai kalkulus mahasiswa STKIP Qomaruddin Gresik yang rendah dibandingkan dengan mata kuliah lainnya, untuk itu perlu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Penggunaan media berbasis website moodle adalah salah satu alternatif untuk membuat pengalaman dan keberagaman pembelajaran kalkulus menjadi lebih berbeda.Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan media pembelajaran kalkulus berbasis website moodle untuk menilai aktivitas dan hasil belajar mahasiswa selama menggunakan media tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan adalah pre-experimental dengan model one grup pre and post test. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menilai mahasiswa dalam hal aktivitas belajar menggunakan lembar observasi, sedangkan hasil belajar dinilai berdasarkan instrumen lembar penilaian hasil belajar. Hasil penelitian yang didapatkan pada analisis aktivitas belajar mahasiswa menunjukkan bahwa sebanyak 54 % mahasiswa masuk kategori cukup, 29 % kategori baik, dan 17% kategori sangat baik. Kemudian setelah diberi perlakuan kategori baik sebesar 63% dan sangat baik sebesar 37%. Sedangkan, pada penilaian hasil belajar terjadi perbaikan prosentase ketuntasan, dari prosentase 42% menjadi 100 % mahasiswa dinyatakan tuntas atau lulus. Berdasarkan hasil tersebut dapat diindikasikan bahwa pembelajaran kalkulus menggunakan media pembelajaran website moodle sangat bermanfaat untuk proses dan hasil pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dougiamas, M. 2006. Moodle – A free, open source course management system for online learning. http://www.moodle.org. Diakses pada tanggal 20 Mei 2017.
Gilakjani, A. P., Ismail, H. N., & Ahmadi, S. M. 2011. The Effect of Multimodal Learning Models on Language Teaching and Learning. Theory and Practice in Language Studies.1(10), 1321-1327.
Natawijaya, R. 2005. Aktivitas Belajar Mahasiswa. Jakarta: Depdiknas
Prawiradilaga, Dewi S., dkk. 2013. Mozaik Teknologi Pendidikan: e-learning. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Rismaningsih, 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Website.Jakarta: Universitas Syarif Hidayatullah
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyanto, A. H. 2005. Mengenal e-learning. http//jurnalkomputer.com/attachments/007mengenal%20e-learning.pdf diakses tanggal 15 Mei 2017.
Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabet, Bandung.

Article Metrics

Abstract view : 16 times
Published
2019-11-21
How to Cite
Rifa’i, M. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Kalkulus Berbasis Website Moodle untuk Menilai Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa STKIP Qomaruddin Gresik. Zeta - Math Journal, 4(2), 50-54. https://doi.org/10.31102/zeta.2019.4.2.50-54
Section
Articles