Model Regresi Linier Berganda Untuk Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pasangan Usia Subur Yang Mengikuti KB di Pamekasan

  • Rica Amalia Universitas Islam Madura
  • M. Fariz Fadillah Mardianto
  • Sari Pratiwi Apidianti
Keywords: KB, Jumlah Pasangan usia subur, regresi linier

Abstract

Pamekasan adalah salah satu kabupaten di Madura dengan kepadatan penduduk sebesar 1051 jiwa / . Salah satu cara menekan kepadatan penduduk yang dilakukan oleh pemerintah adalah adanya program Keluarga Berencana (KB). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan model dari faktor – faktor yang mempengaruhi jumlah pasangan usia subur yang mengikuti KB di Pamekasan. Untuk mendapatkan model tersebut digunakan metode regresi linier berganda. Dari analisis data diperoleh model regresi linier berganda untuk faktor – faktor yang mempengaruhi jumlah pasangan usia subur yang mengikuti KB di Pamekasan yaitu nilai  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel prediktor secara keseluruhan dapat menjelaskan variabel respon sebesar 98,2%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. (2015). Berita Resmi Statistik. Surabaya: BPS Pamekasan.
Mardianto, M. F., Budiantara, I., Ratnasari, V., Zain, I., & Wibowo, W. (2015). Modeling of HDI and PQLI in East Java (Indonesia) using Biresponse Semiparametric Regression with Fourier Series Approach. Asian Transactions on Basic and Applied Science , 5 (4), 5053-5060.
Santoso, S. (2000). Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Article Metrics

Abstract view : 13 times
Published
2019-11-21
How to Cite
Amalia, R., Mardianto, M. F., & Apidianti, S. (2019). Model Regresi Linier Berganda Untuk Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pasangan Usia Subur Yang Mengikuti KB di Pamekasan. Zeta - Math Journal, 4(2), 55-60. https://doi.org/10.31102/zeta.2019.4.2.55-60
Section
Articles