Peramalan Hasil Penjualan Sandal Menggunakan Metode Kalman Filter

  • Fasfahael Sofhal Jamil Universitas Islam Madura
  • Faisol Faisol Universitas Islam Madura
Keywords: Metode Kalman Filter, Peramalan Penjualan, Sandal, CV. Anugerah

Abstract

Kebutuhan manusia yang semakin meningkat mempengaruhi harga penjualan suatu produk yang di produksi oleh perusahaan. Sandal adalah salah satu contoh hasil dari produksi perusahaan lokal yang bergerak di bidang produksi sandal yaitu CV. Anugerah yang ada di desa Palengaan. Namun permasalahan yang terjadi akhir-akhir ini adalah kemerosotan hasil penjualan. Tren perkembangan pasar yang semakin merosot seperti saat ini harus segera di respon oleh pihak perusahaan untuk mengoptimalisasikan penjualan dari bahan produksinya. Sehingga diharapkan perusahaan dapat memperoleh laba maksimal dari hasil penjualan bahan produksinya. Perusahaan juga penting untuk mengetahui perkiraan penjualan hasil produksinya dalam beberapa tahun kedepan. Kalman Filter merupakan salah satu ilmu matematika di bidang pemodelan matematika yang bisa digunakan dalam meramalkan hasil penjualan. Setelah dilakukan cek hasil simulasi dengan real di lapangan dapat di ketahui hasil peramalan dengan data dari CV. Anugerah dari objek sandal jepit dan sandal selop mengalami kenaikan terutama sandal selop yang kenaikannya cukup seknifikan, namun untuk sandal cewek mengalami penurunan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatchur. (2014). Fenomena Unik Sandal Jepit Di Indonesia. bandung: Sami Share.
Kummert, & Schnitzler. (2003). Kalman Filter And 3D Warping Based Image Prediction For Realtime Computer Generated Image Sequences. Jerman.
Nurhayati Munawaroh, A. (2010). Peramalan Jumlah Penumpang Pada PT. Angkasa Pura I (persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Dengan Metode Winter's Exponential Smoothing dan Seasonal Arima. surabaya: Universitas Negri Yogyakarta.
Pembudi, W. S., & Suhendra, I. (2015). Perbaikan Sistem Output Menggunakan Implementasi Kalman Filter Pada Simulasi Pembacaan sensor Beban Load Cell. Surabaya: Institut Technologi Adhi Tama Surabaya.
Qomaruddin, M. N. (2014). Algoritma Kalman Filter Diskrit. Surabaya: Catatanku Blog Spot.
Sia, E. R. (2014). Rancangan Bangun Aplikasi Peramalan Nilai Saham Menggunakan Algoritma Kalman Filter. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 6.
Simora, H. (2001). Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Zainal, Y. B. (2000). Penerapan Pengembangan Filter Kalman Pada Estimasi Posisi Pesawat. Cimahi: Universitas Jendral Achmad Yani.

Article Metrics

Abstract view : 747 times
Published
2016-11-17
How to Cite
Jamil, F., & Faisol, F. (2016). Peramalan Hasil Penjualan Sandal Menggunakan Metode Kalman Filter. Zeta - Math Journal, 2(2), 37-40. https://doi.org/10.31102/zeta.2016.2.2.37-40
Section
Articles