Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berargumentasi Siswa SMA

  • Agus Budiyono Universitas Islam Madura
Keywords: Pengaruh, model pembelajaran Argument-Based Science Inquiry, Peningkatan, Kemampuan berargumentasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang besarnya pengaruh dan peningkatan kemampuan berargumentasi siswa SMA melalui pembelajaran model argument-based science inquiry. Penelitian menggunakan metode pre-experimental dengan one group pretest posttest design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di MAN Pamekasan Jawa Timur, sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas dengan jumlah 34 siswa yang dipilih secara acak kelas. Penelitian ini menggunakan instrument tes kemampuan berargumentasi. Adapun Teknik analisis data menggunakan effect size dan N-gain. Hasil penelitian diperoleh nilai effect size sebesar 5,80 yang berarti model pembelajaran ABSI berpengaruh sangat besar terhadap kemampuan berargumentasi siswa, serta nilai <g> sebesar 0,85 atau peningkatan kemampuan berargumentasi siswa berada pada kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cohen, J. (1998). Statistictical power analysis for the behavioral science, Second Edition. New Jersery USA: Lawrence Erlbaum Associate.

Demirbag, M. & Gunel, M. (2014). Integrating Argument-Based Science Inquiry with Modal Representations: Impact on Science Achievement, Argumentation, and Writing Skills. Educational Sciences: Theory and Practice 14(1), hlm. 386-391.

Demircioglu, T & Ucar, S. (2012). The Effect of Argument-Driven Inquiry on Pre-Service Science Teacher’s Attitudes and Argumentation Skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences 46 (2012), hlm.5035-5039.

Driver, R. Newton, P. & Osbome, J. (2000). Establishing The Norms of Scientific Argumentation in Classrooms. Science Education. 84 (3), hlm. 287-312.

Dunst, C.J., Deborah, W.H., & Carol, M.T. (2004). Guedelines for calculating effect sizes for practice-based research syntheses. Centerscope, 3 (1), hlm. 1-10.

Duran, M. (2014). A Study on 7th Grade Student’s Inquiry and Communication Competencies. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 116 (2014), hlm. 4511-4516.

Hake, R.R. (1998).Analyzing Change/Gain Scores. Indiana: Indiana University

Kuhn, D. (2010).Teaching and Learning Scienceas Argument. Issues and Trends. hlm. 810-824.

Muslim. (2014). Pengembangan Program Perkuliahan Fisika Sekolah Berorientasi Kemampuan Berargumentasi Calon Guru Fisika. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak diterbitkan.

National Research Council. (1996). National Science Education Standards. Washington, DC: National Academy Press.

Robertshaw, B. & Campbell, T. (2013). Constructing Arguments: Investigating Pre-Service Science Teacher’s Argumentation Skills in a Socio-Scientific Context. Science Education International Journal. 24 (2), hlm. 195-211.

Santoso & Supriadi. (2014). Pembelajaran Penalaran Argumen Berbasis Peta Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan memahami Kimia. Prosiding Seminar Nasional Kimia. UNESA, hlm. C-134-C-143

Siswanto, Kaniawati, I & Suhandi, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Pembangkit Argumen Menggunakan Metode Saintifik Untuk Meningkatkan Emampuan Kognitif Dan Keterampilan Berargumentasi Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 10 (2), Hlm. 104-116.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Santoso & Supriadi. (2014). Pembelajaran Penalaran Argumen Berbasis Peta Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan memahami Kimia. Prosiding Seminar Nasional Kimia. UNESA, hlm. C-134-C-143.

Siswanto, Kaniawati, I & Suhandi, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Pembangkit Argumen Menggunakan Metode Saintifik Untuk Meningkatkan Emampuan Kognitif Dan Keterampilan Berargumentasi Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 10 (2), Hlm. 104-116.

Article Metrics

Abstract view : 1292 times
Published
2016-06-30
How to Cite
Budiyono, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berargumentasi Siswa SMA. Wacana Didaktika, 4(1), 84-93. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.1.84-93
Section
Articles