Pengaruh Strategi Team Quiz Dalam Meningkatkan Pemahaman Teks Bahasa Inggris Pada Semester Lima Jurusan Bahasa Inggris Di STKIP PGRI Bangkalan

  • mohammad arief wahyudi STKIP PGRI BANGKALAN
Keywords: Pengaruh, Pemahaman, Team Quiz

Abstract

Reading is an activity that carried out by students because by reading they will get information and express their main ideas when joining courses such as reading comprehension. In order to express the idea, students should understand the content of text in reading, especially in the form of English. The researcher focused on the fifth semester of the English department at STKIP PGRI Bangkalan, because they did not fully understand the contents of the text so that it had an impact on teaching and learning activities in reading comprehension courses. The solution used is the Team Quiz strategy. This strategy is cooperative learning that addresses material, gives direction, gives questions and answers. The problems arising from the strategy are: there is a significant influence on the application of the Team Quiz method in improving the understanding of student texts in reading comprehension courses. The purpose of this study was to identify the significant influence of the implementation of Team Quiz strategies in improving the understanding of texts in reading comprehension courses. The method used by the researcher is using experimental Quasy in quantitative because the students consist of 50 in two classes which will later be made into two groups in the control and experimental groups. Based on the data obtained shows that in the control group with a total of 25 students obtained a score of 843 with an average of 42.15 and an experimental group with a total of 26 students getting a score of 1395 with an average of 69.75. This means that the experimental group scores higher than the control group. Because Ttes is greater than critical value which is 8.4> 2.093 or 0.05, so the alternative hypothesis is accepted and the null hypothesis is rejected. This shows that there is a difference in understanding of the text between students taught by using the Team Quiz strategy and those that are not. Then it can be concluded that there is a significant influence on the implementation of Team Quiz's strategy in improving text comprehension in the Five Semester students of the English department at STKIP PGRI Bangkalan.

Keywords: Influence, Understanding, Team Quiz.

Abstrak

Membaca adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa karena dengan membaca mereka akan mendapatkan informasi dan dapat mengungkapkan ide pokok atau gagasan disaat mengikuti mata kuliah seperti reading comprehension.  Agar mengungkapkan gagasan maka mahasiswa harus memahami isi teks bacaan khususnya teks dalam bentuk bahasa Inggris. Peneliti terfokus pada Semester Lima jurusan bahasa Inggris di STKIP PGRI Bangkalan, dikarenakan mereka belum sepenuhnya paham tentang isi teks sehingga berdampak pada aktifitas proses belajar mengajar di mata kuliah reading comprehension. Solusi yang digunakan adalah  strategi Team Quiz. Strategi ini merupakan pembelajaran kooperatif yang membahas materi, memberi arahan, memberi pertanyaan dan menjawab. Permasalahan yang muncul adanya strategi yaitu: adakah pengaruh yang signifikan penerapan metode Team Quiz dalam meningkatkan pemahaman teks bahasa Inggris mahasiswa pada mata kuliah reading comprehension? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi adanya pengaruh yang signifikan penerapan strategi Team Quiz dalam meningkatkan pemahaman teks bahasa Inggris pada mata kuliah reading comprehension. Metode yang peneliti pakai dengan menggunakan Quasy eksperimental dalam kuantitatif karena mahasiswanya terdiri 50 dalam dua kelas yang nantinya di jadikan dua kelompok dalam kontrol dan ekperimental group. Berdasarkan data yang didapat menunjukkan bahwa pada kelompok kontrol dengan jumlah 25 mahasiswa memperoleh skor 843 dengan rata-rata 42.15 dan kelompok eksperimental dengan jumlah 26 mahasiswa mendapatkan skor 1395 dengan rata-rata 69.75. Ini artinya kelompok eksperimental nilai skornya lebih tinggi dari kelompok kontrol. Karena Ttes lebih besar daripada Tkritikal value yaitu 8.4 > 2.093 atau 0.05, sehingga altenative hipotesisnya diterima dan null hipotesisnya ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan pemahaman teks antara mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan strategy Team Quiz dengan yang tidak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan strategi Team Quiz dalam meningkatkan pemahaman teks pada mahasiswa Semester Lima jurusan Bahasa Inggris di STKIP PGRI Bangkalan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Astutik, Y. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Terhadap Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/20577/1/12670011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Darwanti, D. (2017). Efektivitas Metode Quiz Team Dan Murder Terhadap Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran IPS Pada Kelas VIII SMP Laboratorium Percontohan UPI. JPIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial), 26(1), 18–25.
Julianti, R. W., Maskun, & Basri, M. (2015). Efektivitas Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Pada Pembelajaran Sejarah Kelas X. PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah), 3(6).
Marcella, A., Wulanata, I. A., & Listiani, T. (2018). Penerapan Team Quiz Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Antar Siswa Kelas VIII-B Pada Mata Pelajaran Matematika [the Implementation of a Team Quiz To Improve Cooperation Skills Among Grade 8B Students in Mathematics]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(2), 124. https://doi.org/10.19166/johme.v1i2.799
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Pramila, A., & Ahuja, G. . (2010). Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Rustono, W. S. (2010). Pengaruh Metode Pembelajaran Membaca Dan Tingkat Kecerdasan Terhadap Kemampuan Pemahaman Bacaan (Studi Eksperimen Di SDN Dadaha I). Jurnal Saung Guru, 1(2), 12–27.
Tarigan, O. A., Kusumah, I. H., & Karo Karo, U. (2016). Penerapan Model Active Learning Type Quiz Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), 124–128.

White, H., & Sabarwal, S. (2014). Quasi-experimental Design and Methods. In Methodological Briefs: Impact. Evaluation No. 8. UNICEF Office of Research, Florence.
Winanto, A., & Latifah, N. (2012). Efektivitas metode pembelajaran aktif tipe quiz team pada mata pelajaran IPA kelas IV terhadap hasil belajar IPA di SD Negeri 1 Ngadirejo Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Universitas Kristen Satya Wacana. Retrieved from http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/882/5/t1_292008135_bab iv.pdf
Woolley, G. (2011). Reading Comprehension. In Reading Comprehension: Assisting Children with Learning Difficulties (pp. 15–34). New York: Springer Science+Business Media. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-94-007-1174-7

Article Metrics

Abstract view : 155 times
Published
2018-12-28
How to Cite
wahyudi, mohammad. (2018). Pengaruh Strategi Team Quiz Dalam Meningkatkan Pemahaman Teks Bahasa Inggris Pada Semester Lima Jurusan Bahasa Inggris Di STKIP PGRI Bangkalan. Wacana Didaktika, 6(02), 164-170. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.6.02.164-170