KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KANTOR DESA KARANG CEMPAKA KECAMATAN BLUTO KABUPATEN SUMENEP

  • Aryo Wibisono Universitas Wiraraja
Keywords: Kepuasan Masyarakat, Pelayanan, Regresi Logistik

Abstract

Faktor yang mempengaruhi perkembangan suatu daerah salah satunya adalah kualitas dari pelayanan aparatur daerah. Tantangan untuk  melayani masyarakat desa secara optimal makin besar dan tuntutan dari masyarakat desa baik dari persepektif kualitas ataupun dari perspektif kuantitas pelayanan makin tinggi. Pelayanan publik di tingkat desa merupakan suatu kegiatan penting yang dilakukan oleh pemerintah desa  dalam memenuhi kebutuhan dasar setiap warga negara dan penduduk di tingkat desa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola hubungan antara kepuasan secara keseluruhan terhadap pelayanan publik di desa Karang Cempaka; untuk mengetahui kesesuaian antara kepentingan dan kepuasan yang didapat oleh masyarakat terhadap pelayanan di kantor Desa Karang Cempaka. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan metode regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan pola hubungan antara pelayanan dengan kepuasan masyarakat yang mempunyai dampak langsung adalah dari atribut variabel assurance. Dari tingkat kesesuaian antara kepentingan dan kepuasan, masyarakat menilai bahwa hal yang penting untuk diperhatikan adalah  variabel emphaty. Masyarakat menginginkan pelayanan yang ada di kantor Desa Karang Cempaka harus mengutamakan keramahan terhadap masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan. Urutan kedua yaitu responsive.

Article Metrics

Abstract view : 27 times
Published
2020-06-22
How to Cite
Wibisono, A. (2020). KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KANTOR DESA KARANG CEMPAKA KECAMATAN BLUTO KABUPATEN SUMENEP. Wacana Equiliberium (Jurnal Pemikiran Penelitian Ekonomi), 8(1), 1-13. https://doi.org/10.31102/equilibrium.8.1.1-13
Section
Articles