PERAN TOKOH MASYARAKAT TERHADAP TRANSPARANSI PELAPORAN KEUANGAN DESA

(DESA KETUPAT KECAMATAN RAAS KABUPATEN SUMENEP)

  • Syahril Syahril Universitas Wiraraja
  • Bambang Hermanto Universitas Wiraraja
Keywords: Tokoh Masyarakat, Transparansi, Pelaporan Keuangan, Desa

Abstract

Peran tokoh masyarakat di desa ketupat merupakan salah satu faktor yang paling mempengaruhi keberhasilan pembangunan maupun pengembangan masyarakat untuk mewujudkan pembangunan desa, serta mendorong transparansi pelaporan keuangan yang merupakan pemberian informasi keuangan secara transparan dan jujur kepada masyarakat yang berhak untuk mengetahui secara transparan dan menyeluruh atas pengelolaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan laporan keuangan desa yang berdasarkan peraturan pemerintah atau perundang-undangan. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran tokoh masyarakat terhadap transparansi pelaporan keuangan desa di Desa Ketupat Kecamatan Raas Kabupaten Sumenep.

Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggambarkan secara sistematis, akurat dan faktual mengenai fakta dan sifat yang ada pada obyek penelitian secara kualitatif dengan cara mengamati, mewawancarai secara langsung dan mendalam serta mendokumentasikan tentang Peran tokoh masyarakat terhadap transparansi pelaporan keuangan desa. Informan penelitian ini adalah Para Tokoh Masyarakat, Kepala Desa dan Aparatnya.

Kurannya ruang dan pelibatan tokoh masyarakat dalam tahapan pengelolaan keuangan desa, sehingga peran tokoh masyarakat dalam transparansi pelaporan keuangan desa kurang maksimal, dan ada yang tidak peduli pada transparansi pelaporan keuangan yang dilakukan oleh kepala desa dan aparatnya, walaupun transparansi pelaporan keuangan tidak dilakukan secara maksimal, hal ini terlihat banyaknya tokoh masyarakat yang tidak tahu tentang kegiatan dan program-program desa yang telah terialisasi dan yang belum.

Article Metrics

Abstract view : 7 times
Published
2019-12-16
How to Cite
Syahril, S., & Hermanto, B. (2019). PERAN TOKOH MASYARAKAT TERHADAP TRANSPARANSI PELAPORAN KEUANGAN DESA. Wacana Equiliberium (Jurnal Pemikiran Penelitian Ekonomi), 7(2), 1-13. https://doi.org/10.31102/equilibrium.7.2.2019.1-13