PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN SOSIAL DAN KELUARGA, EKSPEKTASI PENDAPATAN DAN KEKUATAN MENTAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE PANCA BHAKTI PALU).

  • Mutiara mashita diapati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Panca Bhakti Palu
Keywords: Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Sosial dan Keluarga, Harapan Penghasilan, Kekuatan Mental, Minat dalam Bisnis.

Abstract

Dengan adanya kursus kewirausahaan dan adanya praktik lapangan dan pembuatan proposal kegiatan bisnis yang diberikan kepada siswa, diharapkan mereka dapat mendorong dan meningkatkan minat siswa untuk menjadi pengusaha. Dalam penelitian ini diklasifikasikan sebagai survei dan penelitian kausalitas.

Populasi adalah siswa STIE Panca Bhakti Palu tahun 2016 yang telah mengambil kursus kewirausahaan dan kemudian mengambil sampel menggunakan rumus Slovin dari 100 responden. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa jumlah minat bisnis siswa adalah 0,399 atau 39,9% dan sisanya 60,1% dipengaruhi oleh faktor lain (modal, peluang independen, dan motivasi) dalam menjalankan bisnis yang akan diinisiasi. Secara bersamaan, empat variabel memiliki pengaruh positif terhadap minat dalam bisnis, sementara secara parsial ada dua variabel, yaitu pendidikan kewirausahaan dan dukungan sosial dan keluarga tidak signifikan di atas 0,05 dan kedua variabel tersebut adalah harapan pendapatan dan kekuatan mental secara signifikan di bawah 0,05.

Article Metrics

Abstract view : 6 times
Published
2019-12-16
How to Cite
diapati, M. (2019). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN SOSIAL DAN KELUARGA, EKSPEKTASI PENDAPATAN DAN KEKUATAN MENTAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE PANCA BHAKTI PALU). Wacana Equiliberium (Jurnal Pemikiran Penelitian Ekonomi), 7(2), 21-30. https://doi.org/10.31102/equilibrium.7.2.21-30