Analisis Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Kasus Pada Desa Oebelo, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan)

  • Kornelius Kelemur Kroon Widya Mandira Catholic University
  • Simon Sia Niha Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Rosantri Leonard Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Keywords: Financial Management of the Village

Abstract

Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa memang bukanlah solusi utama bagi pembangunan desa, tetapi ia menjadi pintu masuk yang sangat strategis untuk mengawal perubahan desa dari keterpurukan dan keterbelakangan. Dengan anggaran yang langsung dikelola oleh desa, di banyak tempat telah terjadi perubahan positif di desa. Dana desa sebagai salah satu sumber keuangan desa menjadi berkat, yang memicu kemajuan dan kesejahteraan.

Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data menurut sifat dan jenis data menurut sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.

Berdasarkan hasil penelitian statistik deskriptif dapat disimpulkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban pada pengelolaan keuangan desa dikategorikan sangat baik diukur melalui capaian indikator jumlah responden. Sedangkan hasil penelitian statistik inferensial menunjukan bahwa tahapan perencanaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengelolaan keuangan desa, pelaksanaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengelolaan keuangan desa, penatausahaan dan pelaporan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan desa sedangkan pertanggungjawaban berpengaruh positif signifikan terhadap pengelolaan keuangan desa.

Saran dari dalam penelitian ini adalah pemerintah desa dalam hal ini bendahara dan aparat desa lainnya, perlu meningkatkan lagi pemahaman terkait aturan-aturan tentang pengelolaan keuangan desa

 

Kata kunci: Pengelolaan Keuangan Desa

Article Metrics

Abstract view : 468 times
Published
2021-12-31
How to Cite
Kroon, K., Niha, S., & Leonard, R. (2021). Analisis Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Kasus Pada Desa Oebelo, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan). Wacana Equiliberium (Jurnal Pemikiran Penelitian Ekonomi), 9(02), 83-99. https://doi.org/10.31102/equilibrium.9.02.83-99