Pelatihan E-learning berbasis Moodle untuk Dosen-Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo

  • Khoirul Ngibad Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo
  • Dheasy Herawati Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo
  • Evy Ratnasari Ekawati Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo
  • Muhammad Sungging Pradana Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo
Keywords: Pengabdian masyarakat, Moodle, Dosen

Abstract

E-learning dapat diselenggarakan menggunakan aplikasi berbasis website, seperti : moodle dengan harapan mahasiswa dapat belajar kapan saja dan dimana saja dengan syarat tersedia koneksi internet. Universitas Maarif Haysim Latif telah memiliki Learning Management System, yaitu https://e-learning.umaha.ac.id sebagai media para dosen untuk melakukan pembelajaran e-learning dan hybrid learning. Akan tetapi, masih banyak dosen yang belum memanfaatkan fasilitas tersebut, salah satunya dosen-dosen dari Fakultas Ilmu Kesehatan. Program pengabdian kepada masyarakat ini adalah bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada dosen-dosen dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Maarif Haysim Latif dalam pembuatan mata kuliah e-learning. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari menggunakan beberapa metode, meliputi: ceramah, demonstrasi, latihan/praktik, pendampingan, dan tanya jawab. Materi dalam pelatihan ini, meliputi: e-learning, moodle, manfaat e-learning, tantangan penyelenggaraan e-learning, demonstrasi dan praktik cara membuat dan melakukan pengaturan mata kuliah online, memasukkan materi e-learning, membuat dan mengelola tugas/diskusi secara online, demonstrasi dan praktik cara membuat dan mengelola kuis/UTS/UAS. Pelatihan e-learning berbasis Moodle dengan mitra dosen-dosen dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo dapat diselenggarakan dengan lancar dan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para dosen tentang cara membuat, mengelola dan mengevaluasi pembelajaran menggunakan e-learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. H. Batubara, “PELATIHAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK DOSEN-DOSEN UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB BANJARMASIN,” JCES (Journal Character Educ. Soc., vol. 1, no. 1, pp. 57–66, 2018.
L. Herayanti, M. Fuaddunnazmi, and H. Habibi, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 1, no. 3, pp. 205–209, 2017.
R. Boelens, B. De Wever, and M. Voet, “Four key challenges to the design of blended learning: A systematic literature review,” Educ. Res. Rev., vol. 22, pp. 1–18, 2017.
A. Muis, I. Ismail, and A. Bahri, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN BERBASIS ELEARNING DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE MOODLE,” 2012.
A. Wahid and S. Luhriyani, “Pelatihan Dan Penerapan ELearning Dan M-Learning Berbasis Moodle Bagi Guru Siswa Smk Persada Dan Bajiminasa Makassar,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, pp. 102–107, 2017.
G. A. Pradnyana, I. M. A. Pradnyana, and I. G. P. Sindu, “Pelatihan Penggunaan E-Learning Berbasis Media Sosial Edmodo Bagi Guru SMA di Kecamatan Buleleng,” in Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2016, vol. 1.
S. Subiyanto, I. Supriyati, and N. Markamah, “E-LEARNING TRAINING USING EDMODO BASED ON TEACHERS OF SMK NU UNGARAN,” J. Abdimas, vol. 22, no. 1, pp. 83–88, 2018.
E. M. Kuntorini and M. D. Astuti, “Penentuan Aktivitas antioksidan ekstrak etanol bulbus bawang dayak (Eleutherine americana Merr.),” J. Sains dan Terap. Kim., vol. 4, no. 1, pp. 15–22, 2016.

Article Metrics

Abstract view : 592 times
Published
2020-05-13
How to Cite
Ngibad, K., Herawati, D., Ekawati, E., & Pradana, M. (2020). Pelatihan E-learning berbasis Moodle untuk Dosen-Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 13.-18. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2020.1.1.13.-18