Pendampingan Penyusunan Strategi Untuk Peningkatan Daya Saing UKM dalam memasuki Era Digital Pada CV. Indosarana Global Surabaya

  • M Nadjib Usman STIE Perbanas Surabaya
  • Haryati Setyorini STIE Perbanas Surabaya
Keywords: era digital, ukm, daya saing

Abstract

Saat ini industri kita telah memasuki suatu masa yang disebut dengan era digital. Segala sesuatu dapat diakses dengan mudah baik yang bersifa positif atau bahkan negatif. Persaingan dunia usaha juga semakin ketat. Bagi industri yang telah menerapkan pola digitalisasi tentu tidak kesulitan beradaptasi dengan kondisi ini. Akan tetapi bagi usaha yang masih bertahan di pola-pola tradisional akan tergerus oleh kemajuan atau dapat tertinggal jauh dengan usaha yang telah menerapkan sistem di era ini. Provinsi Jawa Timur, sebagai Provinsi ke-2 terbesar di Indonesia, saat ini memiliki potensi ekonomi yang luar biasa. Ditinjau dari sisi jumlah industri kecil dan menengah saat ini Jawa Timur memiliki 12,1 juta unit UKM ( Usaha Kecil Menengah) tetapi hanya 1,3 juta unit yang siap memasuki persaingan di era globalisasi. Itu berarti masih perlu lebih banyak upaya pendampingan maupun pelatihan untuk mendorong UKM untuk meningkatkan keunggulan kompetitif mereka. Peningkatan daya saing merupakan suatu keniscayaan. Untuk hal tersebut diperlukan strategi yang tepat agar dapat dicapainya tujuan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Metrics

Abstract view : 51 times
Published
2020-05-28
How to Cite
Usman, M., & Setyorini, H. (2020). Pendampingan Penyusunan Strategi Untuk Peningkatan Daya Saing UKM dalam memasuki Era Digital Pada CV. Indosarana Global Surabaya. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 19-22. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2020.1.1.19-22