AUTHOR GUIDELINES

FORMAT PENULISAN ARTIKEL JURNAL PENGABDIAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

1. Ketentuan Umum

  1. Artikel yang diterima yaitu artikel yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal apapun berupa atau tidak dalam status telah diterima (accepted) untuk dipublikasikan
  2. Artikel berupa hasil pengabdian pada masyarakat yang mempunyai relevansi dengan bidang pembangunan manusia dan daya saing bangsa, pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal, pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal, pengembangan ekonomi, kewirausahaan, koperasi, industri kreatif, dan UMKM, pengembangan teknologi berwawasan lingkungan, Kesehatan, gizi, penyakit tropis, dan obat-obatan herbal, seni, sastra, dan budaya, serta integrasi nasional dan harmoni sosial.
  3. Artikel dilampiri surat pernyataan keaslian dari penulis yang menyatakan bahwa artikel yang ditulis benar-benar karya sendiri dan tidak mengandung plagiarisme.

2. Sistematika Penulisan

  1. Artikel terdiri dari 6-12 halaman, diketik dengan spasi 1 dalam kertas ukuran A4 dengan jenis huruf Cambria 8 dan menggunakan catatan badan (body note). Tulisan yang akan dimuat menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris yang baik.
  2. Susunan artikel terdiri dari : Judul, Nama Penulis, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Simpulan dan saran, Ucapan Terimakasih, Daftar Pustaka.
  3. Ketentuan Penulisan Artikel :
  • Judul : terdiri dari 15-20 kata.
  • Nama Penulis : ditulis tanpa gelar, disertai alamat email dan nama institusi.
  • Abstrak di tulis dalam bahasa Indonesia dan inggris, terdiri dari 150-250 kata dan memuat tentang : tujuan kegiatan, metode dan hasil atau produk kegiatan.
  • Kata kunci di tulis dalam bahasa indonesia dan inggris, masing-masing 3-5 kata.
  • Pendahuluan : Pendahuluan memuat latar belakang, rumusan masalah, telaah pustaka, tujuan, dan manfaat pengabdian sesuai dengan tema. Kemukakan permasalahan dengan kalimat yang ringkas, mudah dipahami dan tidak bias dalam paragraf yang terintegrasi. Pendahuluan ditulis dengan bahasa dan istilah yang baku dan sesuai dengan kaidah penulisan dalam ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan.
  • Metode : Metode Pengabdian berisi paparan dalam bentuk paragraf yang berisi waktu dan tempat Pengabdian, rancangan, bahan/subyek Pengabdian, prosedur/teknik pengumpulan data, instrumen, dan teknik analisis data serta hal-hal lain yang berkaitan dengan cara Pengabdian, dengan panjang artikel 10-15% dari total panjang artikel. Rancangan Pengabdian dapat dibuat sub-judul sesuai kebutuhan seperti subjek Pengabdian, alat dan bahan (jika perlu), metode dan desain Pengabdian, teknik pengumpulan data, serta analisis dan interpretasi data
  • Hasil dan Pembahasan : Hasil pengabdian dan pembahasan berisi hasil analisis yang merupakan jawaban dari pertanyaan/permasalahan Pengabdian. Pada bagian pembahasan menekankan pada hubungan antara interpretasi hasil dengan teori yang digunakan. Panjang bagian hasil dan pembahasan adalah 40-60% total panjang artikel. Apabila diperlukan, penjelasan hasil Pengabdian dan pembahasannya dapat disusun dalam sub-bab yang terpisah.
  • Simpulan dan Saran: Bagian ini harus menyatakan kesesuaian capaian program dengan rancangan program di awal, dan perubahan yang dialami oleh mitra setelah program. Kesimpulan harus dinyatakan dengan bahasa dan kalimat yang singkat dan jelas.
  • Ucapan Terimakasih : Ucapan diberikan kepada penyandang dana; partner pelaksana program, LPM/LPPM dan para pendukung pelaksanaan program, baik perorangan maupun lembaga.
  • Daftar Pustaka : Daftar pustaka berisi sumber-sumber yang digunakan sebagai rujukan dalam Pengabdian. Sumber rujukan minimal 80% dari pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Referensi yang digunakan merupakan sumber primer berupa artikel yang ada dalam jurnal ilmiah atau laporan Pengabdian (skripsi, tesis, disertasi). Kaidah penulisan daftar pustaka mengikuti kaidah APA 6th.
3. Template Artikel Jurnal