GAMBARAN PERILAKU IBU POST PARTUM YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN DALAM PENYEMBUHAN LUKA PERINEUM PADA TAHAP INFLAMASI

  • Yayuk Eliyana Prodi DIII Kebidanan Universitas Islam Madura
  • Emi Yunita Prodi DIII Kebidanan Universitas Islam Madura
Keywords: Perilaku ibu post partum, Penyembuhan luka perineum

Abstract

Luka perineum adalah luka pada perineum karena adanya robekan pada jalan lahir baik spontan maupun karena episiotomy saat persalinan. Idealnya luka perineum sembuh pada hari ke 6-7 post partum, namun pada kenyataannya masih ada ibu post partum yang mengalami keterlambatan penyembuhan luka perineum.

Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif. Tehnik sampling yang digunakan adalah total populasi, dengan sampel sebanyak 13 ibu post partum yang mengalami keterlambatan dalam penyembuhan luka perineum pada tahap inflamasi di BPS Ririn Wahyuningsih, Amd. Keb Wilayah Kerja Puskesmas Panagguen Kabupaten Pamekasan. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Variabel penelitiannya yaitu gambaran perilaku ibu post partum yang mengalami keterlambatan dalam penyembuhan luka perineum pada tahap inflamasi meliputi pengetahuan, sikap dan tindakan. Pengolahan data menggunakan table distribusi frekuensi.

Hasil penelitian ibu yang berpengetahuan kurang sebanyak 7 orang (53,85%), sikap ibu yang negatif sebanyak 8 orang (61,54%), tindakan ibu yang tidak melakukan perawatan luka perineum sebanyak 9 orang (69,23%).

Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa gambaran perilaku ibu post partum yang mengalami keterlambatan dalam penyembuhanluka perineum pada tahap inflamasi di BPS Ririn Wahyuningsih, Amd.Keb Wilayah Kerja Puskesmas Panagguen Kabupaten Pamekasan berperilaku kurang dalam perawatan luka perineum.

       Diharapkan ibu post partum tidak tarak makan, melakukan mobilisasi, menjaga personal hygiene dan melakukan perawatan perineum. Bagi petugas kesehatan diharapkan meningkatkan mengalami luka perineum. Program penyuluhan atau konseling tentang perawatan luka perineum, perawatan pasca persalinan, tujuan dan manfaat perawatan perineum serta gizi pada ibu nifas terlebih ibu yang mengalami luka perineum

Article Metrics

Abstract view : 105 times
Published
2017-09-28
How to Cite
Eliyana, Y., & Yunita, E. (2017). GAMBARAN PERILAKU IBU POST PARTUM YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN DALAM PENYEMBUHAN LUKA PERINEUM PADA TAHAP INFLAMASI. SAKTI BIDADARI (Satuan Bakti Bidan Untuk Negeri), 1(2), 42-46. https://doi.org/10.31102/bidadari.2017.1.2.42-46