GAMBARAN KEBERHASILAN METODE PENERAPAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA 2-3 TAHUN DI DESA TEJA BARAT PAMEKASAN

  • Qurratul A'yun Prodi DIII Kebidanan Universitas Islam Madura
  • Yulia Paramita Rusady Prodi DIII Kebidanan Universitas Islam Madura
Keywords: Metode Penerapan Toilet Training

Abstract

Toilet training berhubungan dengan perkembangan sosial anak dimana anak tersebut dituntut secara sosial untuk menjaga kebersihan diri dan menjadi awal terbentuknya kemandirian anak secara nyata, sehingga toilet training sangat penting untuk diterapkan pada anak yang dapat dimulai saat usia berkisar antara 18–24 bulan. Tetapi masih banyak orang tua yang tidak menerapkannya karena belum mengerti teknik atau metode penerapan toilet training. Berdasarkan data yang diperoleh di Desa Teja Barat dari 10 anak usia 2 sampai 3 tahun terdapat 7 anak (70%) tidak dapat menerapkan toilet training.

Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Berdasarkan waktunya menggunakan retrospektif. Populasinya adalah semua Ibu yang mempunyai anak usia 2-3 tahun. Variabel dalam penelitian ini adalah keberhasilan metode penerapan toilet training.

Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar Ibu tidak mengajarkan anak bagaimana melepas celana dan mendudukkan diatas toilet pada tehnik lisan, sebagian besar Ibu tidak memberi contoh cara duduk atau jongkok dihadapan anak sambil mengajak berbicara dan bercerita saat buang air kecil atau buang air besar pada tehnik modelling, hampir seluruh Ibu tidak memiliki jadwal buang air besar dan buang air kecil yang teratur untuk anak pada metode taiming dan sebagian besar Ibu tidak memberikan pujian kepada boneka misalnya karena celana dalamnya kering dan berhasil buang air besar dan buang air kecil) dan tidak memberikan pujian pada anak jika anak berhasil menirukan apa yang diajarkan oleh ibu pada metode boneka.

Upaya yang dapat dilakukan antara lain petugas kesehatan terutama bidan komunitas diharapkan lebih intensif lagi dalam rangka memberikan penyuluhan tentang metode penerapan toilet training.

Article Metrics

Abstract view : 83 times
Published
2017-09-28
How to Cite
A’yun, Q., & Rusady, Y. (2017). GAMBARAN KEBERHASILAN METODE PENERAPAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA 2-3 TAHUN DI DESA TEJA BARAT PAMEKASAN. SAKTI BIDADARI (Satuan Bakti Bidan Untuk Negeri), 1(2), 34-41. https://doi.org/10.31102/bidadari.2017.1.2.34-41