PERBEDAAN TEKNIK MENYUSUI SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PELATIHAN PADA IBU NIFAS PRIMIPARA HARI KE 1 – 7

  • Kinanatul Qomariyah Prodi DIII Kebidanan Universitas Islam Madura
  • Layla Imroatu Zulaikha Prodi DIII Kebidanan Universitas Islam Madura
Keywords: Teknik Menyusui, Pelatihan, Ibu Nifas Primipara

Abstract

Teknik menyusui yang benar adalah cara memberikan ASI kepada bayi dengan perlekatan dan posisi ibu dan bayi dengan benar. Faktor yang mempengaruhi teknik menyusui antara lain: pengalaman, waktu dan tempat, pendidikan, serta keadaan ibu dan bayi. Hasil survey membuktikan bahwa masih rendahnya ibu nifas primipara yang memberikan ASI eksklusif dikarenakan teknik menyusui ibu yang kurang benar.

Metode penelitian yang digunakan adalah analitik komparatif dengan pendekatan cross sectional. sampelnya sebanyak 36 orang pada tahun 2017 dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel yang diukur adalah teknik menyusui sebelum dan sesudah diberikan pelatihan.

Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah hampir setengah responden sebelum diberikan pelatihan teknik  menyusui, keterampilan teknik menyusuinya cukup yaitu sebanyak 16 responden (44,4%). sebagian besar responden sesudah diberikan pelatihan teknik  menyusui, keterampilan teknik menyusuinya baik yaitu sebanyak 23 responden (63,9%). Berdasarkan uji statistik dengan menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai ƿ = 0,000 dengan tingkat kepercayaan 95% ( α=0,05 ) dapat dikatakan ƿ < α maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya ada perbedaan teknik menyusui sebelum dan sesudah diberikan pelatihan pada ibu nifas primipara di wilayah kerja Puskesmas Sukorame Kota Kediri.

Berdasarkan hasil penelitian maka perlu dilakukan berbagai sosialisasi dan memberikan pelatihan teknik menyusui sejak dini saat hamil sampai nifas khususnya tentang pentingnya ASI Eksklusif. Dengan demikian kesehatan anak sangat tergantung pada kesehatan ibu  terutama masa kehamilan, persalinan dan masa menyusui.

Article Metrics

Abstract view : 13 times
Published
2017-09-28
How to Cite
Qomariyah, K., & Zulaikha, L. (2017). PERBEDAAN TEKNIK MENYUSUI SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PELATIHAN PADA IBU NIFAS PRIMIPARA HARI KE 1 – 7. SAKTI BIDADARI (Satuan Bakti Bidan Untuk Negeri), 1(2), 29-33. https://doi.org/10.31102/bidadari.2017.1.2.29-33