• Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman
    Vol 5 No 2 (2018)

    Jurnal al- Ulum dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan februari dan bulan juli. Pada periode Juli  tahun 2018 Vol. 5. No.2 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pengembangan pendidikan Islam yang diantaranya adalah Rekontruksi peran guru melalui nilai-nilai Al-qur’an di era modern yang ditulis oleh Ahmad Fawaid, kemudian Kebijakan Politik Pendidikan Dalam Pembangunan Moral Sosial yang ditulis oleh Moh. Afiful Hair, kemudian Problematika Guru Dalam Memberikan Penguatan (Reinforcement) Mata Pelajaran Pai Di Mts Al-Anwar Sanah Tengah Waru Pamekasan yang ditulis oleh Supandi, dan Strategi Guru Pai Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Mi Mambaul Ulum Xvii Sanah Laok Waru Pamekasan yang ditulis oleh Abd Haris, selanjutnya Pengembangan Supervisi Pendidikan di SMK. Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan(analisis implementatif terhadap program pembelajaran PAI) yang ditulis oleh Abdul Munib, tulisan selanutnya Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam Di Mts Darul Ulum Xvii Sanah Laok Waru Pamekasan yang ditulis oleh Syafrawi, tulisan yang ketujuh Pelaksanaan kewajiban suami terhadap istri dalam masa iddah menurut hukum islam di desa batu bintang kec. Batu mar-mar kab. Pamekasan yang dituls oleh Muhammad Kholil, kemudian Pandangan Fuqha’ terhadap Tajdid An-Nikah (sebuah Ekplorasi terhadap Fenomena Tajdid An-Nikah di Desa Toket kec. Proppo kab. Pamekasan) yang ditulis oleh M Sahibudin, Manusia Berkualitas Dalam Pandangan Al-Qur’an yang ditulis oleh Mujiburrohman, dan Kebijakan Pemerintah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam (Telaah Peningkatan Kualitas PAI di Kabupaten Pamekasan) yang ditulis oleh Atnawi

  • Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman
    Vol 5 No 1 (2018)

    Jurnal al- Ulum dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan februari dan bulan juli. Pada periode Februari tahun 2018 Vol. 5. No.1 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pengembangan pendidikan Islam yang diantaranya adalah Restorasi Peran Pendidikan Islam Dalam Tatanan Kehiupan Sosial yang ditulis oleh Moh. Afiful Hair, kemudian Internalisasi pendidikan Karakter Islami Kepada Anak Sekolah Dasar di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan yang ditulis oleh Halimatus Sa’diyah, kemudian Relasi Agama dan Politik (Kajian relasi Islam dan politik dalam berbagai dimensi) yang ditulis oleh Atnawi, dan Analisis Syistem Metodologi Dan Filsafat Hukum Islam (Analisis Terhadap Pemikiran Jasser Auda) yang ditulis oleh Muhammad Kholil, BASRA Ulama and Medina Porch of Madura; Portrait of religious freedom in Madura yang ditulis oleh Mukhlishi & Surya Fajar Rasyid, dan Kajian Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an (tinjauan historis dalam memahami al-Qur’an) yang ditulis oleh Abdul Haris, serta Hukum Islam dan Muamalah (Asas-asas hukum Islam dalam bidang muamalah) yang ditulis oleh Abdul Munib, serta Peningkatan Mutu Pendidikan Islam melalui Peningkatan Kreatifitas Pendidikan yang ditulis oleh M Sahibudin dan Paradigman Pendidikan Tradisional Sebagai Modal Pendidikan Transformasional yang ditulis oleh Syafrawi, dan Problematika Pendidikan Islam di Era Globalisasi yang ditulis oleh Syamsul Rijal, kemudian Hak Asasi Manusia Perspektif Agama Kristen yang ditulis oleh Jamiliya Susantin, kemudian Analisis Kritis Makna “Al-Syabab” Dan “Istitha’ah” Pada Hadits Anjuran Menikah yang ditulis oleh Akhmad Farid Mawardi Sufyan.

  • Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman
    Vol 4 No 2 (2017)

    Jurnal al- Ulum dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan februari dan bulan juli. Pada periode Juli tahun 2017 Vol. 4. No.2 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada dunia pendidikan, teknologi dan pesantren, yang diantaranya adalah tentang Filologi dan Ilmu-Ilmu Keislaman Sebagai Modal Menggapai Islam yang Kaffah yang ditulis oleh Muhammad Kholil, kemudian Teknologi dan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang ditulis oleh Moh Soheh, kemudian Inovasi dan Urgensinya dalam Dunia Pendidikan Islam yang ditulis oleh Atnawi. Interaksi Negara dengan Dunia Pendidikan Islam dari Masa Ke Masa yang ditulis oleh Supandi. Pendidikan Al-Qur’an Sebagai Modal Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Diniyah yang ditulis oleh Abd Haris. Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam yang ditulis oleh Abdul Munib. Pembelajaran Berbasis Lingkungan dalam Perspektif Lingkungan Belajar yang ditulis oleh Mukhlishi. Pesantren dan Pendidikan Tinggi yang ditulis oleh M Sahibudin. Marketing Pendidikan Islam dalam Konteks Industrialisasi yang ditulis oleh Syafrawi. Relasi politik dengan implementasi pendidikan islam yang ditulis oleh Ahmad, analisis kritis makna “AL-SYABAB” dan “ ISTHA’AH ” pada hadis anjuran menikah yang ditulis oleh Akhmad Farid Mawardi Sufyan.

  • Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman
    Vol 4 No 1 (2017)

    Jurnal al- Ulum dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan februari dan bulan juli. Pada periode Februari tahun 2017 Vol. 4. No.1 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pengembangan pendidikan Islam yang diantaranya adalah Peranan pondok pesantren rehabilitasi mental dalam pembinaan korban narkoba (StudiKasus di Pesantren Ash-Shiddiqi Kowel Pamekasan) yang di tulis oleh saudara Ahmad, kemudian tulisan yang kedua adalah Sistem Pendidikan Di Pondok Pesantren Mansyaul Ulum Congkop Nagasari Tlambah Kecamatan Karang Penangkabupaten Sampang yang ditulis oleh Abd. Haris, dan yang ketiga adalah Peranan Pondok Pesantren Azzubir dalam Pembinaan Akhlaq Masyarakat Desa Talesah Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan yang di tulis oleh Abdul Munib, kemudian tulisan selanjutnya adalah Kiprah pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan dalam Mewujudkan Pamekasan Sebagai Kota Pendidikan yang di tulis oleh Atnawi, dan tulisan selanjutnya adalah tentang Modernisasi Pendidikan Pesantrendalam Perspektif Azyumardi Azra yang ditulis oleh Muhammad Kholil, serta Pendidikan Pesantren Sebagai Transformasi Sosial di Lembaga Pendidikan Islam Maktab Nubdzatul Bayan (Maktuba) Al-Majidiyah Pamekasan, yang ditulis oleh Syafrawi, serta tulisan selanjutnya adalah tentang Relevansi Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional Dalam Era Modernisasi (Studi Kasus Ponpes Mamba'ul Hikam Mantenan, Udanawu, Blitar) yang ditulis oleh Sahibudin, serta Dinamika Sosio-Kultural Keagamaan Masyarakat Madura (Kiprah dan Eksistensi Khodam DalamPesantren di Madura) yang ditulis oleh saudara Supandi, kemudian terkait dengan Desain Sistem Pesantren dalam Meningkatkan Performa Pendidikan Islam di PP Al-Husen Bangkes Kadur Pamekasan yang ditulis oleh Abd.Khalik, dan penerpan fisikologi pada madrasah dan pondok pesantren yang ditulis oleh Mukhlishi, dan yang terakhir integrasi keilmuan umum dan agama yang ditulis oleh Syamsul Rijal.

  • Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman
    Vol 3 No 1 (2016)

    Jurnal al- Ulum dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan februari dan bulan juli. Pada periode Februari tahun 2016 Vol. 2. No.1 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada dinamika pendidikan islam yang diantaranya adalah tulisan tentang practical strategies for teaching english to young learners yang ditulis oleh Zainol, Islamic Education Of Children(Raising Children in Islam – How to raise children into responsible Muslim adults?) tulisan Fitrah Yuliawati, dan Pendekatan Teknologisdalam Melakukan Rekayasa Pengembangan Institusi Perguruan Tinggi Islam, tulisannya saudara Ahmad, kemudian Pendekatan Teknologis dalam Peningkatan Kualitas dan Mutu Pendidikan Tinggi Islam Melalui Rekayasa Institusi yang ditulis oleh saudara Supandi, dan Pendekatan Teknologidalam Perencanaan Desain Pembelajaran, yang oleh saudara Atnawi, serta tranmisi keilmuan pendidikan di Indonesia (PerspektifKurikulumKompetensiBerbasisKarakter) oleh Ummu kulsum, dan Karakteristik Inovasi Pendidikan Di Perguan Tinggi Keagamaan Islam oleh Abdul Munib, dan Sinergitas Negara dan problem pendidikan islam dalam perspektif globalisasi yang di tulis oleh Syafrawi, serta Eksistensi Pendidikan tradisional dalam Pelaksanaan Tugas dan Layanan Kependidikan di Era Modern yang di tulis oleh Abd Haris, kemudian Desain Pembelajaran dengan Menggunakan Situs Bersejarah dalam PAI yang ditulis oleh Abdurahman Abbas, serta Feminisme Dan Tinjauan Kritis Terhadap Konsep Gender dalam Study Islam yang di tulis oleh Mohammad Kholil.

  • Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman
    Vol 2 No 1 (2015)

    Jurnal al- Ulum dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan februari dan bulan juli. Pada periode Februari tahun 2015 Vol. 2. No.1 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pemikiran keislaman, diantaranya adalah Muslim Progresif (TelaahPemikiranOmid Safi tentangKeadilan, Gender danPluralisme) yang ditulis oleh HeniListiana, kemudian Hermeneutika al-qur’an dan studi al-qur’an  dalam konteks keindonesiaan yang ditulis oleh Zen Amrullah, dan Interpretasi Kenabian (Peran GandaNabi Muhammad Sebagai Manusia Biasa dan Rasul) yang ditulis oleh Moh Wardi, kemudian tulisan lainnya adalah Konsep Islam Dan Modernitas Mohammed Arkoun- Telaah Pemikiran Islam sebagai komparasi konsep Islam dan modernitas Nurcholis Madjid yang di tulis oleh Ummu Kulsum, dan Kritik Ibnu Taimiyah Terhadap Tarekat yang di tulis oleh Syamsul Rijal, dan Titik Temu Pemahaman Antara Jihad Dan Terorisme yang di tulis oleh Mukhlishi, kemudian oksidentalisme yang ditulis oleh Yolies Yongky Nata, dan kemudian Konsepsi Islam dalam Merumuskan pemimpin dan Kepemimpinan yang ditulis oleh Ahmad, dan Otentisitas Hadits Cara Sujud Tangan Dahulu yang di tulis oleh Zainuddin, MZ, kemudian      islamisasi ilmu pengetahuan (telaah kritis pemikiran Ismail Raji al-Faruqi) yang ditulis oleh Suhaimi dan terakhir adalah Perlindungan Anak dalam Perspektif Hukum Islam yang di tulis oleh Akhmad Farid Mawardi Sufyan.

  • Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman
    Vol 1 No 1 (2014)

    Jurnal al- Ulum dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan februari dan bulan juli. Pada periode Februari tahun 2014 Vol. 1. No.1 merupakan terbitan pertama yang memfokuskan kepada pemikiran keislaman sebagaimana yang ditulis oleh M Sahibuddin dengan tema pendekatan dalam pengkajian islam (konsep dasar dalam memahami ilmu ke-islaman perspektif Charles J Adam), kemudian tulisan Mukhlishi dengan tema tulisannya adalah konsep maqashid al-shariah sebagai teori pembentukan hukum islam tak pernah tuntas perspektif jasser auda, tulisan yang ketiga adalah tulisan sauda Moh Wardi dengan tema tulisannya adalah hermeneutika khaled abou el fadl; sebuah kontribusi pemikiran dalam studi islam. Tulisan selanjutnya adalah tulisan Supandi dengan tema global salafism (perspektif pemikiran Roel Meijer). Tulisan yang kelima adalah Abd Haris dengan tema harmoni pendidikan agama islam (PAI) di lingkungan perguruan tinggi PTU dan PTAI, dan selanjutnya adalah Ahmad Asir dengan tema tulisannya adalah agama dan fungsinya dalam kehidupan umat manusia, selanjutnya Mujiburrahman dengan tulisan qiyam al-lail dalam perspektif Rasulullah, tulisan yang ke delapan adalah Dedy Haryono dengan judul tulisan gagasan uji teori empiris melalui falsifikasi, dilanjutkan pada tulisan yang selanjutnya adalah Syafrawi dengan tema penelitiannya adalah kontestasi pendidikan tradisional (pesantren) dalam peningkatan pemahaman ke-islaman. Tulisan yang lainnya adalah Abdul Munib dengan tema menumbuhkan nilai-nilai social intelligence sebagai wujud humanisme pendidikan, kemudian diakhiri oleh Ummu Kulsum dengan pendidikan gender dalam perspektif islam.