URGENSI PENDIDIKAN AKAL UNTUK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

  • iqbal amar muzaki, Taufik Mustofa, Supandi Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: education, reason, early childhood

Abstract

Abstrak Diskursus tentang otak dan pendidikan akal merupakan hal yang berarti bagi tumbuh kembang anak usia dini. Diantara perkembangan raga yang sangat berarti pada masa perkembangan anak di usia dini adalah perkembangan otak. Pertumbuhannya lebih cepat ketimbang bagian tubuh yang lain. Pada masa bayi sampai dengan usia 2 tahun dimensi otaknya berkisar 75 % dari otak dewasa sementara di umur 5 tahun, dimensi otaknya telah mencapai 90% otak orang dewasa. Riset ini masuk dalam kategori penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif digunakan guna meneliti obyek yang alamiah, dimana peneliti masuk sebagai instrument utama. Pengumpulan data mengunnakan triangulasi dengan analisi data induktif. Hasil riset kualitiatif lebih dominan menekankan pada makna ketimbangan generalisasi. Tulisan ini bertujuan memberikan gambaran kaitan dengan perkembangan anak usia dini dari perspektif perkembangan akalnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak usia dini termasuk ke dalam golongan golden ages (masa emas) untuk tumbuh kembang akalnya. Oleh karena pembelajaran diharapkan bisa lebih efektif dan efisien guna menunjang keberhasilan tumbuh kembang anak tersebut.

 Kata kunci:  pendidikan, akal, anak usia dini.

Abstract The discourse on the brain and mind education is meaningful for early childhood development and development. One of the most significant physical developments during early childhood development is brain development. Growth is faster than other parts of the body. From infancy to 2 years of age, the brain dimensions are around 75% of the adult brain, while at the age of 5 years, the brain dimensions have reached 90% of the adult brain. This research falls into the category of qualitative research. Qualitative research is used to examine natural objects, where the researcher is included as the main instrument. Data collection using triangulation with inductive data analysis. The results of qualitative research are more dominant in emphasizing the meaning of generalization imbalance. This paper aims to provide an overview of the relationship with early childhood development from the perspective of intellectual development. The results showed that early childhood is included in the golden age group for their intellectual growth and development. Therefore, learning is expected to be more effective and efficient in order to support the success of the child's development. 

Keywords: education, reason, early childhood

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Metrics

Abstract view : 351 times
Published
2021-07-25
How to Cite
[1]
iqbal amar muzaki, Supandi, “URGENSI PENDIDIKAN AKAL UNTUK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI”, alulum, vol. 8, no. 2, pp. 139-150, Jul. 2021.